fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

43 Pendonor Ikut Berpartisipasi pada Kegiatan Donor Darah Rutin UNS


 

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS), Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS, dan DWP Unit Pelaksana (UP) FK UNS bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Surakarta, Medical Center UNS dan Korps Suka Rela (KSR) UNS, pada Selasa (21/2/2023) menggelar kegiatan donor darah rutin yang bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran. Terdapat 53 orang pendaftar donor darah yang ikut berpartisipasi pada acara kali ini.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia UNS, Prof. Dr. Bandi, M.Si., Ak; Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); Direktur Medical Center UNS, Dr. Muhammad Eko Irawanto, dr., Sp.KK dan segenap pengurus serta anggota DWP UNS.

Dekan FK UNS Prof. Reviono dalam sambutannya berharap agar kegiatan seperti ini harus terus berjalan karena sangat membantu masyarakat yang membutuhkan ketersediaan darah.

“Tentunya ini sangat membantu sesama kita yang kekurangan darah dan juga ketika suatu saat nanti kita tidak tahu karena suatu penyebab, kita membutuhkan darah maka akan terasa betapa sangat berartinya ketersediaan darah ini,” ucap Prof. Reviono.

Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia UNS, Prof. Dr. Bandi, M.Si., Ak mengatakan kegiatan donor darah ini adalah kegiatan rutin setiap bulan yang diadakan di UNS.

“Jadi seperti yang kita ketahui jika kegiatan ini adalah kegiatan yang rutin kita lakukan setiap bulannya, jika pada bulan Januari kemarin dilaksanakan di Fakultas Pertanian, bulan ini di Fakultas Kedokteran dan bulan Maret nanti akan dilaksanakan di Universitas bersamaan dengan rangkaian kegiatan Dies Natalis UNS,” jelas Prof. Bandi.

Dari 53 orang pendaftar, terdapat 43 orang yang lolos skrining untuk mendonorkan darahnya. Dalam kesempatan ini seorang pendonor atas nama L. Setyo Budi, S.IP telah mendonorkan darahnya ke 126 kali sejak tahun 1988. Atas pencapaiannya ini maka yang bersangkutan diberikan apresiasi oleh Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia UNS Prof. Bandi dan Ketua DWP UNS, Budhi Widjayanti Jamal Wiwoho karena telah menginspirasi para pendonor lain untuk terus berbagi kepada sesama melalui donor darah.

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini