fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

PPDS Radiologi FK UNS Menjalin Kerja Sama Internasional di Malaysia


 

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Radiologi Fakultas Kedokteran (FK) sebagai bagian dari Universitas Sebelas Maret (UNS) yang telah menjadi World Class University dan juga merupakan bagian dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi Surakarta berusaha memperbanyak kerja sama dalam rangka penguatan kualitas pendidikan dan riset.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pada tanggal 23-24 Februari 2023, empat delegasi dari PPDS Radiologi, yaitu dr. Sulistyani Kusumaningrum, Sp.Rad (K) RI, M.Sc sebagai Kepala Bagian, dr. Rachmi Fauziah Rahayu, Sp.Rad(K)N-KL sebagai Kepala Program Studi, bersama dua residen (mahasiswa PPDS Radiologi), dr. Nurita Widyasari dan dr. Anak Agung Sagung Wikan Putridewi mengadakan kunjungan ke Universiti Putera Malaysia dan Hospital Sultan Abdul Aziz Shah Malaysia. Saat di Universiti Putera Malaysia, rombongan perwakilan FK UNS disambut oleh perwakilan Dekanat: Prof. Dr. Rukman Awang Hamat dan Assoc. Prof. Dr. Cheah Pike See. Selanjutnya ketika melakukan kunjungan ke Hospital Sultan Abdul Aziz Shah Malaysia disambut oleh Head of Radiology Departement, Assoc. Prof. Dr. Hasyma Abu Hassan dan perwakilan staf Assoc. Prof. Dr. Priya Suppiah.

Dalam pertemuan tersebut ditandatangani kesepahaman antara Prodi Radiologi FK UNS dan Universiti Putera Malaysia terkait kerja sama kedua pihak dalam usaha menguatkan kolaborasi dalam bidang Pendidikan dan Riset di PPDS Radiologi FK UNS. Penandatanganan kesepahaman ini merupakan langkah awal untuk melakukan kerja sama lebih lanjut pada taraf yang lebih praktikal dan teknis.

Universiti Putera Malaysia menyambut baik kolaborasi ini, demikian halnya dengan Prodi Radiologi sebagai bagian dari Fakultas Kedokteran UNS dan RSUD Dr. Moewardi Provinsi Jawa Tengah.

“Dengan adanya kunjungan tersebut, kami berharap kerja sama antara Program Studi Radiologi - Fakultas Kedokteran dan Departemen Radiologi - Faculty of Medicine and Health Sciences UPM akan membawa manfaat bagi peserta didik sehingga menambah pengalaman terutama pada bidang radiologi nuklir dan radiologi intervensi,” ucap Kepala Program Studi Radiologi, dr. Rachmi Fauziah Rahayu, Sp.Rad(K)NKL.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini