fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Lepas 21 Dokter Spesialis Baru Periode April 2023


 

Fakultas kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) pada hari Kamis (6/4/2023), mengadakan acara Pelepasan Dokter Spesialis Periode April 2023. Acara ini dihadiri oleh Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); para wakil dekan FK UNS, Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta, Heri Dwi Purnomo, dr., Sp.An; Wakil Direktur Pendidikan dan Penelitian Rumah Sakit UNS, Tonang Dwi Ardyanto, Sp.P.K., Ph.D; serta segenap Kepala Program Studi PPDS FK UNS.

Acara pelepasan ini diikuti oleh 21 orang peserta didik PPDS FK UNS yang berasal dari 5 Program Studi (Prodi). 4 orang diantara peserta tersebut adalah penerima Beasiswa Tugas Belajar Kementerian Kesehatan. Dalam pelepasan kali ini terdapat peserta dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yang diraih oleh Idil Akbar, dr., Sp.P.D (NIM S961902006) dengan IPK 3.90 yang berasal dari Program Studi Ilmu Penyakit Dalam. Sedangkan lulusan termuda dalam Pelepasan PPDS kali ini adalah Eka Satrio Putra, dr., Sp.An berasal dari Program Studi PPDS Anestesiologi Dan Terapi Intensif dengan usia saat lulus 31 tahun 2 bulan.

Berdasarkan laporan Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FK UNS, dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D., 21 orang peserta pelepasan terdiri dari sepuluh orang peserta didik Prodi Anestesiologi Dan Terapi Intensif, satu orang peserta didik Prodi Ilmu Penyakit Dalam, satu orang peserta didik Prodi Jantung dan Pembuluh Darah, tujuh orang peserta didik Prodi Psikiatri, dan dua orang peserta didik Prodi Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher.

Sebanyak empat orang peserta didik yang mengikuti pelepasan merupakan penerima Beasiswa Tugas Belajar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI). Hingga saat ini, total terdapat 324 lulusan PPDS UNS yang menjadi penerima beasiswa tersebut.

dr. Febri Akhmad Belinda, Sp.An, mewakili para lulusan, dalam sambutannya merasa bangga bisa menjadi peserta didik di FK UNS dan mengucapkan terima kasih atas segala bimbingan dan pengajaran yang diberikan kampus selama proses menimba ilmu.

“Diterima dan menjadi peserta didik Program Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran UNS adalah kesempatan yang luar biasa, sebuah kesempatan yang berharga bagi kami sehingga kami dapat belajar dan menuntut ilmu, ngangsu kaweruh dari para guru yang sangat berkompeten dan berwawasan luas,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan jika momentum wisuda bisa dimaknai sebagai waktu yang tepat untuk merefleksikan makna kelulusan. Ia berharap agar PPDS FK UNS semakin berkembang di masa yang akan mendatang.

Ketua Umum Keluarga Alumni FK UNS, dr. Sri Pratomo, Sp.B, FInaCS, FICS berpesan agar para lulusan berpegang teguh pada kompetensi dan menjaga tiga hal.

“Bapak Ibu dokter spesialis sekarang penuh dengan tantangan namun jangan sampai tantangan tersebut mengurangi semangat untuk mengembangkan diri. Saya yakin jika dokter spesialis itu multitalenta. Kompetensi beda dengan bisa, kompetensi itu punya kriteria sendiri. Jadi, Bapak, Ibu harus memahami dengan benar apa kompetensi-kompetensinya. Tolong dipegang tiga hal yang harus kita ingat, adalah pertama jaga kesejawatan, kedua jaga kesantunan, dan jaga kebersamaan,” katanya.

Wakil Direktur Pelayanan, RSUD Dr. Moewardi, dr. Heri Dwi Purnomo, Sp.An. mengucapkan selamat atas kelulusan dokter spesialis.

“Selamat atas kelulusan panjenengan, semoga bisa menjadi motor di daerah masing-masing. Dokter spesialis harus mempunyai 3 bekal yaitu yang pertama pengetahuan, yang kedua skill atau ketrampilan dan yang ketiga adalah kejujuran” ujarnya.

Dekan FK UNS, Prof. Reviono dalam sambutannya menyampaikan bahwa saatnya dokter spesialis yang baru saja dilantik menunjukkan jati dirinya.

“Para dokter spesialis baru ini, segeralah terjun ke masyarakat, memberikan apa yang sudah didapatkan di prodinya masing-masing sesuai dengan kompetensi masing-masing untuk didharma baktikan pada masyarakat,” tutur Prof. Reviono.

Selain itu Prof. Reviono juga berpesan agar para dokter spesialis baru yang sekarang sudah menjadi alumni bisa menjaga nama baik UNS serta terus menjaga silaturahim baik dengan sejawat maupun dengan almamater.

Dengan pelepasan dokter spesialis periode April tahun 2023 ini maka Fakultas Kedokteran UNS sejak berdirinya tahun 1976, telah meluluskan 1656 (Seribu enam ratus lima puluh enam) orang dokter spesialis, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter spesialis pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.


Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini