fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Prodi Psikiatri FK UNS Jalani Asesmen Lapangan Akreditasi dari LAM-PTKes


 

Sebagai Program Studi (Prodi) yang mempunyai visi menghasilkan lulusan yang unggul dan berkualitas di bidangnya, Prodi Psikiatri Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) harus menjalani proses akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) sebagai wujud penjaminan mutu sebuah prodi dalam menjalankan proses pendidikan.

Prof. Dr. H. Soewadi, dr., MPH., Sp.KJ., Subsp.K(K) dan Agustina Konginan, dr., Sp.KJ., Subsp.K.L(K) ditugaskan oleh LAM-PTKes untuk melakukan asesmen lapangan di Prodi Psikiatri FK UNS pada tanggal 9-10 April 2023.

Pada hari pertama asesmen lapangan, kedua asesor meninjau Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr. Arif Zainudin untuk melihat secara langsung sarana dan prasarana Rumah Sakit yang dijadikan tempat pembelajaran peserta didik Prodi Psikiatri FK UNS.

Dalam tinjauannya, kedua asesor merasa cukup terkesan dengan fasilitas yang dimiliki oleh RSJD. Dr. Arif Zainudin, selain memiliki lahan yang sangat luas juga mempunyai peralatan yang cukup canggih dalam mendukung kegiatan pendidikan para peserta didik.

Pada hari kedua asesmen lapangan, kedua asesor diterima oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum di Ruang Sidang Rektor Gedung Prakosa UNS.

Dalam kesempatan ini Prof. Jamal menyampaikan jika UNS akan selalu meningkatkan mutu pendidikan.

“Prodi Psikiatri ini sebelumnya akreditasinya A, kami berharap nantinya akreditasi ini tetap terjaga unggul karena memang kualitas prodi ini bagus,” ucap Prof. Jamal.

Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa mendapatkan hasil yang membawa manfaat bagi semuanya.

“Kami berharap dari nilai kecukupan yang telah kami upload saat nanti dilihat langsung, kenyataannya lebih baik dan semoga kegiatan asesmen ini bisa membawa manfaat bagi semua pihak,” ucap Prof. Reviono.

Dalam kesempatan ini Prof. Reviono menyampaikan 8 keunggulan dari FK UNS yaitu, keunggulan dalam pendidikan dan kemahasiswaan, keunggulan dalam riset, keunggulan dalam transfer dan pengembangan ilmu pengetahuan, keunggulan dalam menajemen pengetahuan, keunggulan dalam sumber daya manusia, keunggulan dalam tata kelola, keunggulan dalam manajemen mutu dan layanan dan keunggulan dalam internasionalisasi dan pencitraan publik.

Prof. Soewadi dalam sambutannya menyampaikan jika proses akreditasi ini adalah hal yang biasa dalam pengelolaan sebuah institusi pendidikan.

“Akreditasi ini adalah hal yang biasa dalam upaya menjaga mutu pendidikan karena dengan adanya akreditasi maka akan terlihat di bagian mana yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan,” ujar Prof. Soewadi.

Setelah mendengarkan paparan dari Dekan FK UNS dan Kepala Program Studi serta melakukan tanya jawab, kedua asesor melakukan wawancara dengan dosen tentang angka kecukupan dosen serta kurikulum pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik, selain itu dilakukan juga wawancara dengan perwakilan mahasiswa tentang pelayanan akademik dan non akademik.

Rangkaian proses asesmen lapangan ini ditutup dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara kegiatan yang ditandatangani oleh kedua asesor, Dekan FK UNS dan Kepala Prodi Psikiatri FK UNS.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini