fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Jadi Salah Satu Lokasi Tes UTBK di UNS, Laboratorium Komputer FK Ditinjau Rektor UNS


 

Sebanyak 30.013 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2023 dijadwalkan akan mengikuti ujian di Universitas Sebelas Maret (UNS). Ujian ini terbagi menjadi 2 gelombang dengan gelombang 1 dimulai pada 8-14 Mei 2023 sebanyak 14 sesi dan gelombang 2 pada tanggal 22-26 Mei 2023 sebanyak 10 sesi. Setiap hari akan dilaksanakan 2 sesi ujian yakni sesi ujian pagi dan sesi ujian siang.

Fakultas Kedokteran (FK) UNS menjadi salah satu tempat penyelenggaraan ujian ini. Bertempat di Laboratorium Computer Based Test (CBT) FK UNS, ada 2 ruang ujian yaitu CBT A dan CBT B yang berkapasitas masing-masing 40 peserta sehingga setiap sesi ujian bisa menampung 80 orang peserta.

Jika menilik pada rekap keterisian ruang pada UTBK kali ini, FK UNS akan menerima 1120 peserta ujian pada gelombang 1 dan 715 peserta ujian pada gelombang 2.

Untuk peserta ujian sesi pagi, mereka sudah harus siap di lokasi ujian sejak pukul 06.45 WIB. Para peserta akan dihadapkan dengan materi UTBK yang akan diujikan salah satunya berupa Tes Potensi Skolastik yang meliputi kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Selain itu terdapat pula tes literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Tes Penalaran Matematika.

Pada kesempatan ini, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. didampingi Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. dan Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si. menyempatkan meninjau langsung pelaksanaan UTBK di FK UNS.

Prof. Jamal menyampaikan jika peserta yang terdaftar di Pusat UTBK UNS pada tahun ini meningkat 13,65% dibanding tahun lalu, dari 26.408 peserta menjadi 30.013 peserta di tahun ini.

“Alhamdulilah untuk pelaksanaan UTBK di UNS pada sesi 1 pagi hari ini, Senin 8 Mei 2023, dapat berjalan dengan lancar. Jumlah peserta yang hadir mengikuti ujian di Pusat UTBK UNS pada sesi pertama adalah sebanyak 1.267 orang (96,72%). Sedangkan peserta yang tidak hadir adalah 43 orang (3,28%),” ucap Prof. Jamal.

Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K), juga menyampaikan bahwa Fakultas Kedokteran UNS yang menjadi salah satu lokasi tes UTBK di UNS semaksimal mungkin telah menyiapkan fasilitas, sarana dan prasarana serta tenaga untuk menunjang kesuksesan pelaksanaan UTBK-SNBT 2023.

“Fakultas kedokteran UNS dalam penyelenggaraan UTBK-SNBT 2023 semaksimal mungkin telah menyiapkan fasilitas, sarana dan prasarana serta tenaga untuk menunjang kesuksesan pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 ini. Kami telah instruksikan kepada para petugas dan pengawas untuk bertugas dan berjaga sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Kami berharap pelaksanaan UTBK tahun ini bisa berjalan dengan lancar. Para peserta Jangan datang terlambat, membawa semua dokumen yang dipersyaratkan dan berbuatlah dengan jujur, jangan curang. Selamat berjuang,” jelas Prof. Reviono.

Menurut Wakil Penanggung Jawab Lapangan (PJL) UTBK di lokasi ujian FK UNS, Sutiman, S.IP, ada 3 orang peserta yang tidak mengikuti ujian pada hari ini.

“Untuk ujian sesi pagi ada 80 orang peserta yang mengikuti seleksi UTBK-SNBT ini, semuanya bisa hadir, sedangkan pada ujian sesi siang, dari seharusnya 80 peserta ada 3 orang peserta yang tidak mengikuti seleksi sehingga hanya 77 orang saja yang mengikuti ujian,” ucap Sutiman.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini