fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Lepas 20 Dokter Spesialis Baru pada Pelepasan PPDS Periode Mei 2023


 

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) pada hari Kamis (25/5/2023) kembali melepas dokter spesialis baru yang baru saja lulus pendidikan di FK UNS. Acara ini dihadiri oleh Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); para wakil dekan FK UNS, Plt Wakil Direktur Umum Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta, dr. Ikhwan Hamzah; Wakil Direktur Pendidikan dan Penelitian Rumah Sakit UNS, Tonang Dwi Ardyanto, Sp.P.K., Ph.D; serta segenap Kepala Program Studi PPDS FK UNS.

Pada pelepasan dokter spesialis periode Mei tahun 2023 ini Fakultas Kedokteran melepas sejumlah 20 peserta didik PPDS. Perlu diketahui dari 20 peserta tersebut di atas terdapat 3 orang penerima beasiswa Tugas Belajar Kementerian Kesehatan, dan sampai saat ini jumlah lulusan penerima beasiswa Tugas Belajar Kementerian Kesehatan sebanyak 327 orang.

Dalam pelepasan kali ini terdapat peserta dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yang diraih oleh Heribertus Andi Widagdo, dr.,Sp.P.K (NIM S972002002) dengan IPK 3.86 berasal dari Program Studi PPDS Patologi Klinik. Sedangkan lulusan termuda dalam Pelepasan PPDS kali ini adalah Irene Ardiani Pramudya Wardhani, dr., Sp.D.V berasal dari Program Studi PPDS Dermatologi dan Venereologi dengan usia pada saat lulus 30 Tahun 6 bulan.

Berdasarkan laporan Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FK UNS, dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D, 20 orang peserta pelepasan terdiri dari dua orang peserta didik prodi Ilmu Bedah, tiga orang peserta didik prodi Dermatologi dan Venereologi, dua orang peserta didik prodi Patologi Klinik, empat orang peserta didik prodi Ilmu Penyakit Dalam, dua orang peserta didik prodi Neurologi, dan tujuh orang peserta didik prodi Psikiatri.

dr. Farhan Noor, Sp.K.J, mewakili para lulusan, dalam sambutannya merasa bangga bisa menjadi peserta didik di FK UNS dan mengucapkan terima kasih atas segala bimbingan dan pengajaran yang diberikan kampus selama proses menimba ilmu.

“Diterima dan menjadi peserta didik Program Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran UNS adalah prestasi dan kesuksesan bagi kami semua. Momentum kelulusan ini merupakan saat yang tepat untuk merefleksikan makna kelulusan kami karena disinilah awal mula perjuangan kami,” ucapnya

Plt. Wakil Direktur Umum, RSUD Dr. Moewardi, dr. Ikhwan Hamzah. mengucapkan selamat atas kelulusan dokter spesialis.

“Selamat atas kelulusannya, pesan kami agar rekan sejawat dapat mengamalkan ilmunya, mendharma baktikan dirinya, di daerah masing-masing. Ambilah yang baik semua hal yang baik selama menmpuh pendidikan disini dan tinggalkan yang jelek,” ujarnya.

Dekan FK UNS, Prof. Reviono dalam sambutannya menyampaikan bahwa saatnya dokter spesialis yang baru saja dilantik menunjukkan jati dirinya.

“Para dokter spesialis baru ini, segeralah terjun ke masyarakat, memberikan apa yang sudah didapatkan di prodinya masing-masing sesuai dengan kompetensi masing-masing untuk didharma baktikan pada masyarakat,” tutur Prof. Reviono.

Selain itu Prof. Reviono juga berpesan agar para dokter spesialis baru yang sekarang sudah menjadi alumni bisa menjaga nama baik UNS serta terus menjaga silaturahim baik dengan sejawat maupun dengan almamater.

Dengan pelepasan dokter spesialis periode Mei tahun 2023 ini maka Fakultas Kedokteran UNS sejak berdirinya tahun 1976, telah meluluskan 1676 (Seribu enam ratus tujuh puluh enam) orang dokter spesialis, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter spesialis pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.


Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini