fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Untuk Meningkatkan Kualitas dan Akreditasi Jurnal Publikasi, FK UNS Adakan Workshop Reviewer Jurnal Nasional Terakreditasi


 

Publikasi melalui jurnal ilmiah menjadi penting karena dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dalam perkembangan bidang ilmu tertentu. Selain itu, jumlah keluaran publikasi oleh sivitas akademika universitas akan mempengaruhi juga pada nilai capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) serta perangkingan suatu universitas dalam kancah nasional maupun internasional. Semakin baik tingkat akreditasi dari suatu jurnal, maka akan semakin baik pula nilai dan kualitasnya. Untuk meningkatkan akreditasi jurnal publikasi yang ada di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS), maka FK UNS menyelenggarakan workshop berjudul ‘Workshop Reviewer Jurnal Nasional Terakreditasi’ yang dilaksanakan pada Kamis (22/06/2023), bertempat di Ruang Sidang 3, Gedung Soetjipto, FK UNS. 

Kegiatan workshop ini menghadirkan Apt. Lalu Muhammad Irham, M. Farm., Ph.D yang merupakan reviewer dari beberapa jurnal nasional maupun internasional serta memiliki Scopus H-Index: 9, beliau merupakan dosen muda di Fakultas Farmasi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh Plt. Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi FK UNS, Dr. Selfi Handayani, dr., M.Kes., yang sekaligus membuka acara. Dr. Selfi Handayani mengungkapkan bahwa kegiatan workshop ini sangat penting untuk meningkatkan nilai dan akreditasi dari jurnal yang ada di FK UNS. Beliau berharap agar peserta dapat menambah ilmunya melalui jurnal ini serta berkontribusi untuk semakin meningkatkan kualitas dari jurnal yang ada di FK UNS.

“Workshop ini sangat bermanfaat bagi kita. Semoga banyak ilmu yang kita dapatkan hari ini terutama untuk meningkatkan akreditasi dari jurnal kita, karena peran reviewer sangatlah penting,” ucap Dr.Selfi.

Apt. Lalu Muhammad Irham, M. Farm., Ph.D menyampaikan materi mengenai Points to Consider When Reviewing Articles, yaitu poin-poin yang perlu diperhatikan saat melakukan review artikel. Terdapat 5 poin penting dari materi yang disampaikan Apt. Lalu yang perlu diperhatikan reviewer, yakni: 1) memahami proses Peer-Review, 2) memahami peran editor, 3) memahami peran Reviewers, 4) kategori artikel, 5) panduan untuk me-review manuskrip. Beliau juga membagikan pengalaman selama mereview jurnal nasional maupun internasional serta memberikan tips and tricks untuk reviewer.

Setelah selesai penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan diskusi. Peserta sangat antusias untuk memberikan pertanyaan kepada pemateri. Acara dilanjutkan dengan praktik mereview naskah Smart Medical Journal yang merupakan sesi terakhir dari workshop ini.

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini