fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

KPPMF FK UNS Adakan Workshop dan Pendampingan Publikasi Artikel Jurnal Berjenis Review


 

Penulisan artikel ilmiah yang baik mempunyai peranan yang penting dalam keberhasilan publikasi di prosiding yang terindeks scopus dan jurnal internasional bereputasi. Hal ini dianggap penting dalam rangka mewujudkan Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai World Class University.

Sampai saat ini, jumlah publikasi artikel ilmiah oleh dosen Fakultas Kedokteran UNS dalam jurnal internasional bereputasi masih terbatas jumlahnya hal ini dikarenakan belum semua dosen dapat meluangkan waktu untuk meneliti, menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya.

Atas dasar inilah Koordinator Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas (KPPMF) Fakultas Kedokteran UNS mengadakan kegiatan Workshop dan Pendampingan Publikasi Artikel Jurnal Berjenis Review pada hari Kamis (20/7/2023). Acara ini menghadirkan satu narasumber yakni dr. R. Detty Siti Nurdiati, MPH., Ph.D., Sp.OG(K) dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM).

Kegiatan yang bertempat di ballroom gedung Ki Hadjar Dewantara UNS ini diadakan secara hybrid dengan mengundang 38 ketua Riset Grup yang ada di Fakultas Kedokteran UNS, dosen dan mahasiswa.

Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran UNS, Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan jika acara yang diadakan oleh KPPMF Fakultas Kedokteran UNS ini dalam rangka untuk meningkatkan capacity building dari sivitas akademika dosen dan mahasiswa yang juga termasuk dalam 38 Riset Grup.

“Pada hari ini kita menyelenggarakan kegiatan ini secara hybrid, agar bisa diikuti oleh seluruh sivitas yang bisa dan berkenan mengikuti. Dan kami sudah menghimbau kepada sivitas akademika bahwa kegiatan review artikel ini merupakan kegiatan yang penting, terutama kepada teman-teman yang masih harus menyelesaikan S2 ataupun menyelesaikan jenjang S3, dan selain juga untuk para dosen,” ucap dr. Sari.

Menurutnya publikasi terindeks scopus itu tidak hanya original article tetapi juga literature review, review article, dan lain sebagainya.

“Dan itu menjadi bekal panjenengan semua nanti masuk di dalam kepustakaan pada saat menyusun disertasi,” tutupnya.

Ketua KPPMF Fakultas Kedokteran UNS, Dono Indarto, dr, M.Biotech,St, Ph.D, AIFM mengatakan dari target kinerja Fakultas Kedokteran UNS tahun 2022, baru sekitar 10% dari 120 artikel jurnal internasional terindeks scopus yang telah terpublikasi sehingga masih jauh dari target capaian. Diantara kendala utama publikasi internasional yang dialami adalah faktor bahasa dan kebaruan penelitian.

“Oleh karena itu, workshop pendampingan penulisan artikel jurnal bagi dosen Fakultas Kedokteran UNS sangat penting untuk dilakukan secara kontinu,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pendampingan seperti ini dapat membantu para dosen yang sedang melakukan penelitian untuk bisa membuat artikel ilmiah yang baik sehingga bisa terpublikasi di jurnal internasional sehingga bisa meningkatkan nilai dari penelitian tersebut.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini