fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

RGDC FK UNS Menyelenggarakan Project Youth Ambassador untuk Pencegahan Penyakit Tidak Menular Remaja dan Keluarga


 

Research Group Disease Control (RGDC) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Project Youth Ambassador bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Surakarta pada Kamis (20/07/2023). Project Youth Ambassador ini merupakan Duta Sehat Sekolah untuk pencegahan Non Communicable Disease (NCD) atau Penyakit Tidak Menular (PTM) remaja dan keluarga, dengan fokus utama pada bidang pencegahan dan pengelolaan PTM pada siswa/siswi di SMPN 5 Surakarta.

Proyek ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang berhubungan dengan status kesehatan, gizi, dan produktivitas guru, mengembangkan model skrining dan intervensi, dan memformulasikan strategi inovasi berorientasi kebijakan untuk masalah kesehatan, status gizi, dan produktivitas guru sekolah di SMP Negeri 5 Surakarta di Indonesia. Rangkaian kegiatan diawali dengan pengenalan project kepada guru-guru melalui grup WhatsApp, dilanjutkan dengan pertemuan pertama untuk mensosialisasikan dan mengedukasi siswa/siswi terkait PTM. Acara dimulai pukul 09.00 WIB pagi diawali dengan sambutan oleh ketua penelitian, Vitri Widyaningsih, dr., M.S., Ph.D.

“Saya harap adik-adik remaja dan calon remaja ini mengenal jenis PTM, deteksi dini PTM dan cara pengendalian PTM,” ucap dr. Vitri.

 

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait penyakit tidak menular dan diskusi dengan asisten RGDC FK UNS, dr.Agni Shalha. Sebelum pemaparan materi, kuesioner terkait pengetahuan, sikap, dan perilaku hidup sehat terkait PTM dibagikan melalui satu pintu, yaitu melalui perwakilan guru.

Kuesioner tersebut dapat diakses melalui Google Form dan output dari analisis situasi berupa data baseline yang akan dibandingkan dengan data pengukuran skrining PTM dan data post intervensi. Intervensi yang akan dilakukan berupa pelatihan skrining PTM mandiri oleh kader siswa dan edukasi pencegahan dan pengelolaan PTM. Kegiatan ditutup dengan pembagian doorprize dan foto bersama.

 

Humas FK UNS