fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Untuk Memantau Proses Pembelajaran serta Mempererat Kekeluargaan, KSM Ilmu Penyakit Dalam Adakan Sarasehan


 

Dalam menjalankan tugas dan kewajiban sehari-hari sebagai dokter di rumah sakit pastinya mempunyai problematika baik dari internal maupun eksternal. Hal ini jika tidak ditangani dengan baik akan mengganggu kinerja dalam melayani para pasien. Hal ini yang mendasari Kelompok Staf Medis (KSM) Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Dr. Moewardi mengadakan kegiatan sarasehan pada Minggu (23/7/2023) di Hotel Harris Surakarta.

Menurut Dr. Yudhi Hajianto, Sp.P.D., M.Kes., FINASIM dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kegiatan dialog ini guna menemukan solusi bagi setiap permasalahan yang muncul.

“Sarasehan merupakan kegiatan yang positif, kegiatan yang bermanfaat karena menjadi salah satu wadah bagi kita untuk berdiskusi bersama, bertukar pikiran bersama secara terbuka, secara kekeluargaan dengan para staf dengan para residen,” ucapnya.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Lebih lanjut beliau menyampaikan jika tujuan sarasehan ini untuk mengetahui problematika yang mungkin muncul selama proses kegiatan pembelajaran baik itu yang menyangkut proses pendidikan maupun pelayanan.

Kepala KSM Ilmu Penyakit Dalam, Dr. Triyanta Yuli Pramana, dr., Sp.P.D-KGEH., FINASIM, menyampaikan agar para dokter tidak takut dengan tantangan, “kapal dibuat di tepi laut, itu tidak hanya dibiarkan di tepi laut. Akan tetapi kapal akan dibawa ke tengah laut. Kita tahu ditengah laut ada badai yang menghadang. Begitu juga kita hidup ini bukan sekedar hidup namun harus berani menempuh badai yang menghadang,” ujarnya.

Kegiatan sarasehan ini tidak hanya diisi dengan dialog bersama namun juga diisi dengan seminar motivasi oleh Ratih Arianita, dr., Sp.P.D., K.Psi., FINASIM.

Dalam penyampaiannya, dr. Ratih menekankan pentingnya afirmasi dan keyakinan pada diri sendiri, bagaimana cara menumbuhkan kepercayaan diri serta rasa bersyukur kepada diri sendiri atas semua pencapaian yang telah didapatkan selama ini. Dengan membuang semua pikiran negatif dan menggantinya dengan pikiran yang positif diharapkan akan mampu membuat diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Diharapkan dengan kegiatan sarasehan ini bisa memberikan solusi atas permasalahan yang ada dan mempererat rasa kekeluargaan diantara para staf dan residen (mahasiswa dokter spesialis) di bagian Ilmu Penyakit Dalam.

(Geser untuk foto selanjutnya)

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini