fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

RG TRIMED FK UNS Gelar Pelatihan Kader Desa Kuwiran Kecamatan Banyudono untuk Penguatan Poskes PTM


 

Research Group (RG) Nutrition, Metabolism and Medicine (TRIMED) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) menggelar kegiatan pelatihan kader Pos Kesehatan (Poskes) Desa Kuwiran, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, pada Senin (31/07/2023). Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian RG TRIMED FK UNS yang bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Banyudono II dan Pemerintah Desa Kuwiran.

Kegiatan yang dalam perencanaan awal hanya akan dilaksanakan pada lingkup Rukun Tetangga (RT) ternyata mendapat respon bagus dari Pemerintah Desa Kuwiran dan Puskesmas Banyudono II sebagai pembina Poskes, sehingga pelatihan diperluas untuk seluruh kader Poskes di wilayah Desa Kuwiran. Materi pelatihan pada kegiatan ini meliputi: pengenalan Poskes dan tanggung jawab kader; pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM); serta pengukuran Antropometri dan Sistem Pelaporan Poskes yang disampaikan bersama-sama oleh narasumber dari RG TRIMED dan dari pihak Puskesmas. Kegiatan ini diikuti oleh 66 orang kader yang antusias menyimak materi serta antusias saat sesi diskusi.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa FK UNS untuk penyusunan modul dan pelaksanaan kegiatan. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas kader sehingga dapat menjadi pelaksana yang handal dalam melakukan skrining dan pencegahan PTM di wilayahnya. Pelatihan ini diharapkan menjadi bekal para kader untuk dapat konsisten melaksanakan kegiatan-kegiatan Poskes selanjutnya, sehingga tujuan pencegahan PTM dapat tercapai. 

“Harapan kami semoga ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat untuk kader dalam menjalankan tugasnya. Dan semoga kerja sama yang dibina serta kagiatan Poskes yang sudah ada dapat berkelanjutan sehingga menjadikan masyarakat Desa Kuwiran lebih sehat,” ucap Ketua RG TRIMED, Dr. Budiyanti Wiboworini, dr., M.Kes., Sp.GK.

 


HUMAS FK UNS