fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Laboratorium Hewan Coba FK UNS Adakan Workshop Pelatihan Dasar Penanganan Hewan Coba dan Pembuatan Model DM


 

Dalam mendukung salah satu misi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) yaitu mengembangkan pengetahuan, teknologi kedokteran serta translational research untuk menunjang kesehatan masyarakat maka Laboratorium Hewan Coba (LHC) FK UNS mengadakan kegiatan Workshop Pelatihan Dasar Penanganan Hewan Coba dan Pembuatan Model Diabetes Mellitus (DM) pada tanggal 9-10 Agustus 2023.

Kegiatan yang diikuti sekitar 30 peserta dari berbagai universitas di Indonesia ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penanganan (hands on) dan pembuatan model hewan coba.

Pada hari pertama, kegiatan diisi dengan materi teori yang menghadirkan 3 narasumber yaitu drh. Made Bagus Auriva Mataram, M.Sc membawakan materi tentang Pelatihan Dasar Penanganan Hewan Coba dan Pembuatan Model Diabetes Mellitus; dr. Tri Agusti Solikhah, M.Sc dengan materi Pembuatan Model Diabetes Mellitus; dan drh. Khesara Sastrin Prasita N, M.Sc dengan materi Etika Penelitian Hewan Coba.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Pada hari kedua peserta diberi kesempatan untuk langsung hands on hewan coba, melakukan injeksi intraperitonial dan intramuskuler, pelatihan teknik sonde, pengambilan darah retroorbital, vena ekor dan intracardiac, teknik anastesi, pembedahan dan pengambilan organ hewan coba. Selain itu ditunjukkan juga teknik perfusi pada hewan coba.

Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) menyambut baik kegiatan ini, menurutnya kegiatan seperti ini selaras dengan visi dan misi FK UNS dan mendukung langkah UNS menuju World Class University.

“UNS yang berstatus PTNBH dituntut semakin mandiri untuk mencapai World Class University, menjadi unggulan di ASEAN, Asia Pasifik dan Dunia. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peningkatan Sumber Daya Manusia di Laboratorium Hewan Coba FK UNS maupun untuk menunjang pengabdian masyarakat dalam menebarkan pengetahuan terkait hewan coba,” ucap Prof. Reviono.

Salah satu peserta, Stefany Fernandes dari Poltekes Kemenkes Kupang merasa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini “Kegiatan workshop seperti ini sangatlah bermanfaat bagi saya, walaupun saya sudah mempunyai pengetahuan dasarnya namun saya merasa butuh penyegaran informasi secara rutin agar selalu update. Saya juga berharap kedepan semakin rutin diadakan dengan materi yang berbeda,” ucapnya.

drh. Made Bagus Auriva Mataram, M.Sc salah satu narasumber pada kegiatan ini berharap peserta bisa mendapatkan pengetahuan yang bisa digunakan untuk pengembangan penelitian dengan hewan coba di institusi asal.

“Saya berharap setelah mengikuti workshop ini, peserta bisa mendapatkan pengetahuan baru yang bisa digunakan untuk mendesain penelitian yang akan dilakukan. Tujuannya setelah ada desain tersebut peserta bisa mendapatkan hasil yang maksimal, baik dari koleksi sampel dan juga analisa data yang dihasilkan dari parameter-parameter yang sudah ditentukan oleh peneliti,” ucap drh. Made Bagus.

(Geser untuk foto selanjutnya)

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini