fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Gelar Sosialisasi kepada Orang Tua Mahasiswa Baru, FK UNS Berkomitmen Terapkan Prinsip Edukasi dan No Bullying saat PKKMB


 

(Geser untuk foto selanjutnya)

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) selalu berkomitmen untuk menerapkan prinsip edukasi dan zero tolerance for bullying dalam menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Hal ini langsung disampaikan oleh Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, Sp.P(K) saat memberikan sambutan dalam acara pertemuan antara Pimpinan FK UNS dengan orang tua mahasiswa baru pada Jumat, (18/8/2023) di Auditorium FK UNS.

“Saat ini sedang ramai masalah perundungan atau bullying, kami di Fakultas Kedokteran UNS mempunyai komitmen zero tolerance for bullying. Jadi kami sangat menentang keras dan tidak mentoleransi adanya bullying,” tegas Prof. Reviono.

Selanjutnya Prof. Reviono menegaskan kegiatan PKKMB ini penting agar mahasiswa baru mengenal kampus dengan lebih baik “Kegiatan ini sangat penting karena mahasiswa nanti akan lama menjalani pembelajaran di kampus jadi harus mengenal dengan baik apa yang ada di kampus, baik pelayanan pendidikan maupun tempat-tempat administrasi atau tempat pimpinan, laboratorium dan aturan-aturan yang harus dipahami selama menjalani studi,” ucap Prof. Reviono.

Tak lupa beliau juga berpesan agar orangtua turut memantau kegiatan PKKMB ini dan apabila ada masukan agar tidak ragu untuk menyampaikannya kepada pihak kampus agar kegiatan PKKMB ini bisa berjalan baik.

Kegiatan ini selain dihadiri oleh Prof. Reviono juga dihadiri oleh Plt. Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni FK UNS, Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D; Kepala Program Studi S1 Pendidikan Dokter FK UNS, Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd; dan panitia PKKMB FK UNS dari unsur mahasiswa.
Selain kegiatan PKKMB, untuk mahasiswa baru S1 Pendidikan Dokter akan diadakan kegiatan Masa Pembimbingan dan Bakti Sosial. Hal ini disampaikan oleh dr. Paramasari saat menjelaskan kegiatan yang akan dijalani oleh mahasiswa baru.

“Setelah kegiatan PKKMB ini masih akan ada kegiatan Masa Pembimbingan dan Bakti Sosial bagi mahasiswa baru Pendidikan Dokter. Kedua kegiatan ini juga sama pentingnya dengan kegiatan PKKMB” jelas dr. Paramasari.

”Masa bimbingan ini untuk membentuk karakter seorang mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter yang kelak akan menjadi seorang dokter dan Bakti Sosial ini melibatkan mahasiswa baru agar mereka bisa melihat dan merasakan bagaimana profesi dokter ini memberikan manfaatnya secara langsung pada masyarakat” ucapnya.

Pertemuan dengan orangtua mahasiswa ini diharapkan bisa memberikan informasi terkait kegiatan PKKMB yang akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Agustus 2023.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini