fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Melantik dan Mengambil Sumpah 59 Dokter Baru Periode 225


 

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menggelar acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter pada Sabtu (11/11/2023). Pelantikan dan Sumpah Dokter ini merupakan periode 225 yang digelar Fakultas Kedokteran UNS sejak berdiri pada tahun 1976.

Bertempat di Auditorium FK UNS, sebanyak 59 peserta mengikuti acara ini, yang terdiri dari 11 peserta laki-laki dan 48 peserta perempuan. Peserta dalam kegiatan ini adalah mereka yang telah dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang telah dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2023. UKMPPD ini dikuti oleh 61 peserta dengan jumlah peserta lulus sebanyak 59 orang (97%) sedangkan tingkat kelulusan first taker sebanyak 58 orang (98%) dari 59 peserta.

Pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter kali ini, terdapat 37 peserta dengan predikat Cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata adalah 3.76 dengan lama studi rata-rata 2 tahun 6 bulan. IPK tertinggi pada Pelantikan dan Sumpah Dokter kali ini diraih oleh dr. Christa Edo Nugroho dan dr. Hillary dengan IPK 3.86.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); para wakil dekan di FK UNS; Wakil Direktur Umum dan Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi Surakarta, dr. Ikhwan Hamzah; Wakil Direktur Bidang Pendidikan dan Penelitian Rumah Sakit UNS, dr. Tonang Dwi Ardyanto, Sp.PK(K)., Ph.D; Sekretaris Jenderal Ikatan Keluarga Alumni FK UNS, dr. Dewi Purnamaningsih. P.S.

Dekan FK UNS, Prof. Reviono dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para dokter baru dan menurutnya pilihan untuk menuntut ilmu di FK UNS adalah pilihan yang sangat tepat.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Saya ucapkan selamat kepada para dokter baru, tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada orangtua dokter baru karena telah mempercayakan putra putrinya untuk belajar di Fakultas Kedokteran UNS. Ini adalah pilihan yang tidak salah karena pada tahun ini Fakultas Kedokteran UNS menduduki peringkat 3 terbaik di Indonesia,” ucapnya.

Prof. Reviono menitipkan pesan kepada para dokter baru untuk menjaga nama baik FK UNS, “Kami titipkan nama besar ini untuk nanti ketika ada di masyarakat bisa mengabdikan dirinya dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Wakil Direktur Umum dan Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi Surakarta, dr. Ikhwan Hamzah berpesan agar para dokter baru terus mendekatkan diri pada Tuhan agar dimudahkan dalam melaksanakan tugas.

“Pesan saya, selalu mendekatkan diri pada Tuhan, karena dengan mendekatkan diri pada Tuhan maka keberuntungan akan selalu di pihak kita,” ucapnya.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Perwakilan Dokter Baru, dr. M. Izdad Irfani Fanada, dalam sambutannya berpesan kepada sejawat dokter baru bahwa dengan pelantikan sebagai dokter baru ini bukan berarti akhir dari perjalanan.

“Seperti kata pepatah, setiap awal pasti ada akhir dan setiap akhir perjuangan adalah awal dari sebuah perjuangan baru. Waktu 6,5 tahun kita disini telah berakhir, berarti sekarang adalah awal dari perjuangan baru kita sebagai seorang dokter. Maka bersiaplah, kita rancang target-target baru dalam hidup kita,” ucapnya.

“Kata orang menjadi dokter adalah menantu idaman namun ingatlah menjadi dokter merupakan sebuah amanah, menjadi dokter merupakan sebuah tanggung jawab, menjadi dokter merupakan profesi yang mulia oleh sebab itu jangan pernah sombong, jangan merasa cepat puas, tetaplah rendah hati tetapklah senantiasa memanusiakan manusia,” tutupnya.

Dengan dilantiknya dokter periode ke 225 ini, maka sejak berdirinya tahun 1976 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, telah meluluskan 7024 (Tujuh ribu dua puluh empat) orang dokter, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik di bidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.


Humas FK UNS