fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Prodi S3 Ilmu Kedokteran FK UNS Adakan Kuliah Pakar Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi


 

Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan kegiatan Kuliah Pakar Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi pada Senin (27/11/2023) di Auditorium FK UNS.

Kegiatan yang dilangsungkan selama 2 hari ini menghadirkan narasumber dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang yaitu Dr. dr. Cipta Pramana, Sp.OG., Subsp. Obgynsos yang telah mempunyai puluhan tulisan terpublikasi di jurnal internasional bereputasi.

Kepala Program Studi Ilmu Kedokteran S3 FK UNS, Prof. Dr. Soetrisno, dr., Sp.OG(K) dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kegiatan ini bisa membantu para peserta untuk lebih memahami cara publikasi yang efektif dan benar.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Semoga apa yang menjadi kegiatan kita ini bisa memberikan pemahaman kepada anda semua tentang bagaimana cara publikasi yang benar. Hal ini sangat penting karena sesuai dengan persyaratan di program studi kita untuk bisa ujian akhir dan bisa lulus, penelitian disertasinya terpublikasi di jurnal internasional bereputasi,” ucap Prof. Soetrisno.

Dalam paparan materinya, Dr. Cipta menyampaikan seorang penulis harus paham kenapa perlu mempublikasikan tulisannya di jurnal internasional bereputasi.

“Dengan mempublikasikan di jurnal internasional maka kita akan termotivasi untuk menulis yang akhirnya akan membawa manfaat bagi kita. Misalnya dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, disaat kita mempunyai sesuatu tentang ilmu salah satu cara untuk berbagi ilmu yang kita ketahui adalah dengan cara menulis,” ucap Dr. Cipta.

Selain itu menurutnya, dengan menulis juga akan menambah khasanah ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian.

“Seperti anda semua saat belajar di S3 ini nanti harus bisa menyebarkan hasil penelitian anda salah satu caranya dengan menulis dan mempublikasikannya,” terangnya.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Selanjutnya dengan terpublikasinya sebuah tulisan di jurnal internasional bereputasi maka akan menjadi sebuah pencapaian prestasi dan reputasi sebagai penulis.

“Dengan tulisan juga meningkatkan daya saing sebuah bangsa. Jadi sebuah negara dikatakan maju dalam pendidikan tingginya itu salah satu penilaiannya adalah jumlah publikasi. Scoring paling tinggi adalah publikasi sehingga mau tidak mau sebagai akademisi harus menulis dan publikasi sebanyak-banyaknya untuk menaikkan ranking universitasnya,” jelasnya.

Dalam memilih jurnal internasional, Dr. Cipta menyarankan agar para peserta rajin untuk melihat jurnal-jurnal internasional dan mencermati berapa kali jurnal tersebut menerbitkan artikelnya dalam tiap tahun dan berapa artikel yang dipublikasikan dalam tiap kali terbit. Selain itu juga perlu mencermati seberapa cepat sebuah jurnal memberikan tanggapan atas tulisan yang sudah disubmit.

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan kuliah pakar ini dapat meningkatkan kompetensi peminatan mahasiswa sesuai perkembangan ilmu kedokteran sehingga mampu meningkatkan kualitas lulusan Doktor di masa depan.

(Geser untuk foto selanjutnya)


Humas FK UNS