fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Melepas 8 Dokter Spesialis Baru pada Pelepasan PPDS Periode November 2023


 

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) pada hari Kamis (30/11/2023) kembali melepas dokter spesialis baru yang telah lulus pendidikan di FK UNS. Acara ini dihadiri oleh Plt. Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Ir. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T; Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); para wakil dekan FK UNS, Wakil Direktur SDM dan Diklit Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta, dr. Veronica Dwi Winahyu; Pengurus Keluarga Alumni FK UNS, Dr. Muhammad Husen Prabowo, dr., MPH; Wakil Direktur Pendidikan dan Penelitian Rumah Sakit UNS, Tonang Dwi Ardyanto, Sp.P.K., Ph.D; serta segenap Kepala Program Studi PPDS FK UNS.

Pada pelepasan dokter spesialis periode November ini Fakultas Kedokteran UNS melepas sejumlah 8 dokter spesialis baru. Berdasarkan laporan akademik yang dibacakan oleh Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FK UNS, dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D, 8 orang peserta pelepasan terdiri dari 6 orang dari Program Studi Psikiatri, 1 orang dari Program Studi Patologi Klinik, 1 orang dari Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah.

Dalam pelepasan kali ini terdapat peserta dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yang diraih oleh Syifa Mahmud Syukran Akbar, dr., Sp.J.P dengan IPK 3.83 berasal dari Program Studi PPDS Jantung dan Pembuluh Darah dan Rio Arizona, dr., Sp. P.K. dengan IPK 3.83 berasal dari Program Studi PPDS Patologi Klinik. Sedangkan lulusan termuda dalam Pelepasan PPDS kali ini adalah Hevi Eka Tarsum, dr., Sp.K.J berasal dari Program Studi PPDS Psikiatri dengan usia pada saat lulus 31 Tahun 10 bulan.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Wakil Rektor Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Ir. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T dalam sambutannya berpesan agar para dokter spesialis baru ini dalam melaksanakan pengabdiannya selalu tulus dan tanpa pamrih.

“Pesan kami nanti anda dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat adalah lakukan dengan penuh pengabdian, ketulusan, keikhlasan dan dedikasi yang tinggi. Ketika anda menemukan pasien yang benar-benar tidak mampu maka bantulah mereka semampu kita, semaksimal mungkin. Itulah persembahan emas terbaik untuk UNS dari seorang alumni,” pesan Prof. Kuncoro.

Dekan FK UNS, Prof. Reviono dalam sambutannya menyampaikan bahwa para dokter spesialis ini tidak salah memilih FK UNS sebagai tempat menempuh pendidikan.

“Saya ucapkan terima kasih telah memilih FK UNS sebagai tempat pendidikan, dan ini tidak salah karena kami dalam perangkingan saat ini FK UNS menempati rangking ke 3 di Indonesia,” tutur Prof. Reviono.

Selain itu Prof. Reviono juga berpesan agar para dokter spesialis baru yang sekarang sudah menjadi alumni bisa menjaga nama baik UNS serta terus menjaga silaturahim baik dengan sejawat maupun dengan almamater.

Wakil Direktur SDM dan Diklit Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta, dr. Veronica Dwi Winahyu mengucapkan selamat atas kelulusan dokter.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Selamat atas kelulusannya, pesan kami agar tetap menjaga integritas, patuhi aturan kebijakan dimanapun dokter akan ditugaskan nanti kemudian bersikaplah jujur, sopan dan santun dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

dr. Ardi Andriatno, Sp.K.J, mewakili para lulusan, dalam sambutannya merasa bangga bisa menjadi peserta didik di FK UNS dan mengucapkan terima kasih atas segala bimbingan dan pengajaran yang diberikan kampus selama proses menimba ilmu.

“Pada hari ini akan menjadi saksi atas pencapaian kami untuk mendapatkan gelar baru. Gelar baru ini bagi kami adalah cambuk agar kami terus rendah hati. Meskipun studi kami ini telah selesai namun proses belajar kami yakini akan teruskami lakukan sampai nyawa kami tercabut,” ucapnya

Dengan pelepasan dokter spesialis periode November ini maka Fakultas Kedokteran UNS sejak berdirinya tahun 1976, telah meluluskan 1766 (Seribu tujuh ratus enam puluh enam) orang dokter spesialis, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter spesialis pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.

(Geser untuk foto selanjutnya)


Humas FK UNS