fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Melepas 58 Dokter Spesialis Baru pada Pelepasan PPDS Periode Januari 2024


 

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) pada hari Kamis (25/01/2024) kembali melepas dokter spesialis baru yang telah lulus pendidikan di FK UNS. Acara ini dihadiri oleh Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S; Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); para plt. wakil dekan FK UNS; Direktur Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta, Dr. Cahyono Hadi, dr., Sp.OG., S.H; Ketua Keluarga Alumni FK UNS, dr. Sri Pratomo, Sp.B, FinaCS, FICS; Wakil Direktur Pendidikan dan Penelitian Rumah Sakit UNS, Tonang Dwi Ardyanto, Sp.P.K., Ph.D; serta segenap Kepala Program Studi PPDS FK UNS.

Pada pelepasan dokter spesialis periode Januari ini Fakultas Kedokteran UNS melepas sejumlah 58 dokter spesialis baru. Berdasarkan laporan akademik yang dibacakan oleh Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FK UNS, dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D, 58 orang peserta pelepasan terdiri dari 12 orang dari Program Studi Ilmu Bedah, 9 orang dari Program Studi Obstetri dan Ginekologi, 4 orang dari Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah, 8 orang dari Program Studi Ilmu Penyakit Dalam, 6 orang dari Program Studi Radiologi, 5 orang dari Program Studi Ilmu Kesehatan Anak, 5 orang dari Program Studi Orthopaedi dan Traumatologi, 4 orang dari Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif, 3 orang dari Program THT-BKL, 1 orang dari Program Studi Dermatologi dan Venereologi, 1 orang dari Program Studi Neurologi.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Dalam pelepasan kali ini terdapat peserta dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yang diraih oleh Muhammad Zuhdan Fanani, dr., Sp.P.D. dengan IPK 3.95 dan Ayu Setyaningrum Iswandari Safitri, dr., Sp.P.D. dengan IPK 3.95 yang keduanya berasal dari Program Studi Ilmu Penyakit Dalam. Sedangkan lulusan termuda dalam Pelepasan PPDS kali ini adalah I Putu Raynantha Surya Wiratama, dr., Sp.J.P berasal dari Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah dengan usia pada saat lulus 29 Tahun 7 bulan.

Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S dalam sambutannya berpesan agar para dokter spesialis baru bisa menumbuhkan kepercayaan pada masyarakat tentang kualitas dokter di Indonesia agar jika mengalami permasalahan kesehatan yang serius tidak berobat ke luar negeri.

“Kita bersama-sama perlu membangun kepercayaan dan untuk membangun kepercayaan itu dasarnya harus meningkatkan profesionalisme kita. Karena substansinya adalah bidang profesi maka dokter spesialis baru ini perlu untuk terus belajar dan jangan lupa untuk melakukan kemajuan-kemajuan melalui penelitian,” pesan Prof Yunus.

Dekan FK UNS, Prof. Reviono dalam sambutannya menyampaikan bahwa para dokter spesialis ini tidak salah memilih FK UNS sebagai tempat menempuh pendidikan.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Saya ucapkan terima kasih telah memilih FK UNS sebagai tempat pendidikan, dan ini tidak salah karena berdasarkan perankingan dari Time Higher Education FK UNS saat ini menempati rangking ke 3 di Indonesia,” tutur Prof. Reviono.

Selain itu Prof. Reviono juga berpesan agar para dokter spesialis baru yang sekarang sudah menjadi alumni bisa menjaga nama baik UNS serta terus menjaga silaturahim baik dengan sejawat maupun dengan almamater.

Direktur Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta, Dr. Cahyono Hadi, dr., Sp.OG., S.H mengucapkan selamat atas kelulusan dokter dan berpesan agar dokter spesialis baru ini siap menghadapi persaingan dengan dokter dari luar negeri.

“Dalam transformasi kesehatan itu nanti kita akan bertarung dengan dokter-dokter dari luar negeri sehingga anda harus banyak belajar dan banyak membaca,” ujarnya.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Dengan pelepasan dokter spesialis periode November ini maka Fakultas Kedokteran UNS sejak berdirinya tahun 1976, telah meluluskan 1824 (Seribu delapan ratus dua puluh empat) orang dokter spesialis, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter spesialis pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.

 


Humas FK UNS