fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Adakan Kegiatan Posbindu Institusi Fokuskan pada Deteksi Dini PTM


 

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan kegiatan rutin Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Institusi pada Jumat (8/3/2024). Bertempat di Hall Gedung Pendidikan Dokter FK UNS kegiatan ini dihadiri puluhan orang yang ingin memeriksakan kesehatannya.

Kegiatan Posbindu Institusi ini merupakan program skrining di tempat kerja yang difokuskan pada deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM). Pada layanan Posbindu ini, sivitas akademika yang datang akan mendapatkan pemeriksaan cek tekanan darah, pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT), pemeriksaan kadar gula darah, pemeriksaan kolesterol dan asam urat serta konsultasi masalah kesehatan yang semuanya diberikan secara gratis.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Pelayanan pemeriksaan Posbindu difokuskan pada PTM dikarenakan PTM sendiri merupakan penyebab kematian utama di dunia, hampir tiga perempat kematian adalah akibat penyakit tidak menular yang terjadi di negara miskin dan berkembang.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Logistik FK UNS, Dr. Diah Kurnia Mirawati, dr., Sp.S(K). Beliau berharap kegiatan yang sangat bermanfaat ini bisa rutin dilakukan minimal 1 bulan sekali.

(Geser untuk foto selanjutnya)

"Sekarang ini penyakit degenerative atau penyakit tidak menular itu angka kejadiannya semakin tinggi karena berkaitan juga dengan gaya hidup dan diperlukan ketahanan fisik dan mental untuk menjalankan gaya hidup sehat tersebut,” jelas Dr. Diah.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Posbindu Institusi ini bisa memberikan gambaran kesehatan bagi sivitas akademika FK UNS dan menjadi skrining dini apabila ditemukan penyakit sehingga bisa segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

(Geser untuk foto selanjutnya)


Humas FK UNS