fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Adakan Kegiatan Sharing Success Story Alumni Berprestasi Tahun 2024


 

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) pada saat ini menduduki peringkat ke 3 sebagai Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia menurut Time Higher Education World University Ranking (THE WUR). Pencapaian ini salah satunya tidak lepas dari peran para alumni FK UNS. Maka dari itu FK UNS selalu berusaha membina hubungan baik dengan para alumni.

Bertempat di Aula Gedung Soetjipto FK UNS pada hari Jumat (8/3/2024), diadakan acara Sharing Success Story Alumni Berprestasi Tahun 2024. Acara ini rutin diadakan oleh FK UNS setiap tahunnya. Selain untuk menyemarakkan Dies Natalis ke-48 UNS, acara ini bertujuan untuk memberikan insight bagi para mahasiswa yang hadir dengan capaian dari alumni berprestasi dalam berkarier sehingga dapat menjadi motivasi dan contoh teladan bagi mahasiswa yang akan terjun ke dunia kerja dan dunia usaha.

Pada kesempatan ini FK UNS menghadirkan Mayor Jenderal TNI. Dr. Prihati Pujowaskito, dr., Sp.JP(K)., FIHA., MMRS sebagai alumni berprestasi FK UNS tahun 2024. Beliau sekarang menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Militer Universitas Pertahanan Republik Indonesia.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Acara Sharing Succes Story Tahun 2024 ini dihadiri oleh jajaran dekanat FK UNS, alumni FK UNS Angkatan Tahun 1986, Pengurus Keluarga Alumni FK UNS dan mahasiswa FK UNS.

Dalam sambutannya, Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) menyampaikan jika posisi alumni sangatlah penting karena berpengaruh terhadap reputasi FK UNS baik dalam akreditasi maupun perankingan dunia yang salah satunya adalah kontribusi dari alumni, tentang kolaborasi internasional dan international recognition.

“Kami titipkan nama besar FK UNS untuk bisa selalu dijaga, selalu ditinggikan karena ini adalah almamater anda sekalian, tempat anda dulu menimba ilmu,” pesan beliau.

Ketua Keluarga Alumni FK UNS, dr. Sri Pratomo, SpB., FinaCS., FiCS dalam sambutannya menyampaikan 4 hal yang harus dilakukan seseorang agar bisa meraih kesuksesan.

“Yang pertama adalah konsisten, yang kedua kesuksesan hanyalah milik pribadi yang bertanggung jawab, yang ketiga adalah pastikan anda dikelilingi oleh orang-orang dengan visi yang sama, yang keempat adalah berusahalah fokus pada prosesnya bukan pada tujuannya,” ucapnya.

Menurutnya untuk bisa sukses maka seseorang harus bisa menjadi multi talenta, mau belajar dari semua lini dan mempelajari apapun agar menguasai lebih banyak pengetahuan.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Dalam menceritakan kisah perjalanan hidupnya, Mayjen TNI Pujowaskito menekankan untuk tidak mudah putus asa dan selalu bersemangat dalam meraih setiap kesempatan yang ada. Kekurangan jangan dijadikan sebagai kelemahan namun sebagai pemacu semangat untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

“Sukses adalah proses karena dalam tahapan sukses ada input dan output maka input dan output itu milik Tuhan Yang Maha Kuasa, proses disitu ada usaha dan doa. Kalau saya bicara output maksud saya adalah kalau bisa saya mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa serta keberadaan saya bisa bermanfaat bagi bagi banyak orang,” jelasnya.

“Namun jika saya berbicara input maka kita tidak bisa memilih ingin dilahirkan dari keluarga yang seperti apa, ingin lahir di negara apa, itu semua milik Tuhan Yang Maha Kuasa. Jika ini betul-betul kita sadari maka sukses disini adalah proses sebuah perjalanan dari pencapaian yang kita rencanakan menuju pencapaian berikutnya,” imbuhnya.

Menurutnya faktor penunjang kesuksesan salah satunya adalah banyak tidaknya kolega atau jejaring, karena dengan banyaknya jejaring maka kesuksesan akan lebih mudah untuk diraih. “Dalam saya bekerja, saya memandang rekan kerja saya sebagai yang harus saya ajak berkolaborasi. Kolaborasi disini seperti menyusun puzzle, jika kita bersama-sama berkolaborasi menyusun sebuah gambar walaupun awalnya berserakan namun karena mempunyai satu visi yang sama, satu gambar yang sama maka akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan tersebut,” ungkapnya.

Baginya didalam berkolaborasi tidak ada namanya kompetisi karena yang ada hanyalah kontribusi, bagaimana bisa memberikan yang terbaik untuk tujuan yang sama.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Di akhir acara beliau menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan sebagai alumni berprestasi tahun ini, beliau bertekad untuk selalu mendukung dan menegakkan nama baik almamater UNS.

“Saya mewakili alumni berprestasi merasa bangga dan terhormat mendapatkan penghargaan ini. Kami juga mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-48 kepada UNS. Sebuah institusi yang sudah terkenal memberikan kontribusi yang besar kepada dunia keilmuan dan masyarakat,” ungkap Beliau.

Acara yang berlangsung dalam suasana penuh kehangatan dan keakraban ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan photo bersama.


Humas FK UNS