fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Prodi Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan FK UNS Menjalani Asesmen Lapangan Akreditasi dari LAM-PTKes


 

Sebagai Program Studi (Prodi) yang mempunyai visi menjadi institusi pendidikan kebidanan bereputasi internasional, menghasilkan lulusan sarjana dan profesi bidan yang kompeten, unggul dalam pemanfaatan teknologi pada lingkup kesehatan ibu dan anak berbasis komunitas. Program Studi Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) harus menjalani proses akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) sebagai wujud penjaminan mutu esternal pada sebuah prodi dalam menjalankan proses pendidikan.

Yetty Leony Irawan, M.Sc, Willhelmina Wahara, M.Keb dan Ulfah Farrah Lisa, S.ST., M.Keb ditugaskan oleh LAM-PTKes untuk melakukan asesmen lapangan di Prodi Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan FK UNS pada tanggal 25-28 Maret 2024.

Ketiga asesor diterima oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S; Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); para wakil dekan di FK UNS; dan Kepala Prodi Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan, Dr. Ika Sumiyarsi Sukamto, S.ST., M.Kes di Ruang Sidang Rektor Gedung Prakosa UNS.

Prof. Ahmad Yunus dalam sambutannya menyampaikan jika UNS terus berkomitmen memajukan mutu pendidikan yang dijalankan.

“Saya perlu sampaikan bahwa setelah UNS berubah menjadi PTNBH pada tahun 2020 atau sekitar 4 tahun yang lalu, kami terus berusaha memajukan dan memperbaiki kualitas pendidikan di UNS ini. Kami juga telah menyiapkan diri secara serius dan sebaik mungkin dalam menghadapi proses asesmen ini sebagai komitmen kami memajukan mutu program studi yang ada di UNS,” ucap Prof. Yunus.

Setelah diterima oleh pimpinan universitas, ketiga asesor beserta pimpinan fakultas dan program studi menuju ke aula gedung Soetjipto FK UNS untuk menjalani proses asesmen lapangan.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa mendapatkan hasil yang membawa manfaat bagi semuanya.

“Kami dari FK UNS secara rutin menjalani asesmen lapangan yang kali ini dilakukan oleh pihak eksternal sebagai wujud penjaminan mutu program studi kami dan sekarang memang sudah waktunya kami mendapatkan audit dari LAM-PTKes,” ucap Prof Reviono.

Beliau berharap apa yang sudah dilaporkan di dalam borang kecukupan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

“Akreditasi ini merupakan suatu tool untuk menilai, cermin dari apa yang sudah kita kerjakan selama ini dan tentunya borang kecukupan yang sudah kami upload sudah dipelajari oleh para asesor. Semoga saja apa yang para asesor saksikan disini lebih baik kenyataannya dibandingkan dengan apa yang sudah kami upload sebelumnya,” ucap Prof. Reviono.

Yetty Leony Irawan, M.Sc dalam sambutannya berharap semua dokumen dan hasil asesmen lapangan nanti sesuai dengan apa yang sudah dilaporkan sebelumnya.

“Akreditasi ini bukanlah untuk mencari-cari kesalahan yang ada di suatu program studi melainkan untuk memeriksa keadaan yang sesungguhnya dari program studi,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kehadiran asesor adalah untuk melihat langsung kondisi di lapangan dengan harapan semua program sudah terimplementasi dengan baik.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Akreditasi adalah hal yang biasa dalam upaya menjaga mutu pendidikan karena dengan adanya akreditasi maka akan terlihat di bagian mana yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan dan kami yakin tentunya implementasi sudah dijalankan, mudah-mudahan asesmen selama 4 hari ini bisa berjalan lancar,” tutupnya.

Setelah mendengarkan paparan dari Dekan FK UNS dan Kepala Program Studi serta melakukan tanya jawab, ketiga asesor melakukan wawancara dengan dosen tentang angka kecukupan dosen serta kurikulum pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik, selain itu dilakukan juga wawancara dengan perwakilan mahasiswa tentang pelayanan akademik dan non akademik.

Kegiatan asesmen lapangan ini diisi telusur dokumen di 9 kriteria dilanjutkan dengan tinjauan langsung pada sarana prasarana yang ada di Rumah Sakit UNS, Puskesmas Jenawi Karanganyar dan Praktek Mandiri Bidan Wulan Mardikanintyas di Kartasura. Ketiga asesor merasa puas dengan kelengkapan sarana di ketiga tempat tersebut.

Penutupan kegiatan asesmen lapangan ini dilakukan pada hari keempat ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan berkas berita acara dari asesor kepada Kaprodi Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan FK UNS dilanjutkan dengan photo bersama.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Humas FK UNS