fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

PPDS Radiologi FK UNS Menjalani Asesmen Lapangan Akreditasi dari LAM-PTKes


 

Sebagai Program Studi (Prodi) yang mempunyai visi menjadi institusi pendidikan dokter spesialis radiologi yang bereputasi internasional dengan unggulan di bidang imaging radiologi onkologi dan berorientasi pada komunitas. Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Radiologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) harus menjalani proses reakreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) sebagai wujud penjaminan mutu esternal pada sebuah prodi dalam menjalankan proses pendidikan.

LAM-PTKes menugaskan dr. Lies Mardiyana, Sp.Rad(K)., PRP dr. Vonny Nouva Tubagus, Sp.Rad(K)., RI untuk melakukan asesmen lapangan di Prodi PPDS Radiologi FK UNS pada tanggal 1-3 April 2024.

Pada hari pertama asesmen, kedua asesor mengunjungi Rumah Sakit Pendidikan Utama yaitu Rumah Sakit Dr. Moewardi dan Rumah Sakit UNS. Pada kesempatan tersebut kedua asesor melihat secara langsung sarana dan prasarana penunjang pendidikan yang ada di kedua rumah sakit tersebut.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Menurut dr. Lies, fasilitas yang dimiliki oleh kedua rumah sakit tersebut sudah sangat lengkap, memiliki berbagai alat-alat canggih yang sangat mendukung proses pembelajaran ditambah lagi dengan banyaknya kasus yang bisa menambah keilmuan peserta didik.

Selanjutnya pada hari kedua pelaksanaan asemen, kedua asesor diterima oleh Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S; Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); para wakil dekan di FK UNS; dan Kepala Prodi Radiologi FK UNS, Dr. Rachmi Fauziah Rahayu, dr., Sp.Rad (K) di Ruang Sidang Rektor Gedung Prakosa UNS.

Prof. Yunus dalam sambutannya menyampaikan jika UNS terus berkomitmen mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas.

“Alhamdulillah setelah berubah menjadi PTNBH perkembangan UNS terus naik kualitasnya, jika merujuk perankingan kami ada di peringkat ke tujuh tingkat nasional,” ucap Prof. Yunus.

Dalam kesempatan ini Prof. Yunus juga menyampaikan beberapa keunggulan dari Prodi PPDS Radiologi FK UNS ini semisal telah memiliki staf pengajar konsultan lengkap di 8 subdivisi, Rumah Sakit Pendidikan Utama mempunyai layanan unggulan dalam bidang Onkologi Terpadu dengan sarana prasarana Radiologi yang sangat memadai, antara lain CT 512 dual sources, MRI 3T, Mammography, SPECT CT dan Linac. Memiliki desa binaan dan komunitas binaan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan visi misi prodi.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Selain itu banyak dari peserta didik dari Prodi Radiologi FK UNS ini yang sebagai first taker dengan nilai ujian nasional diatas rata-rata,” jelas Prof. Yunus.

Setelah diterima oleh pimpinan universitas, kedua asesor beserta pimpinan fakultas dan program studi menuju ke aula Gedung Soetjipto FK UNS untuk menjalani proses asesmen lapangan.

Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa mendapatkan hasil yang membawa manfaat bagi semuanya.

“Kami dari FK UNS secara rutin menjalani asesmen lapangan yang kali ini dilakukan oleh pihak eksternal sebagai wujud penjaminan mutu program studi kami dan sekarang memang sudah waktunya kami mendapatkan audit dari LAM-PTKes,” ucap Prof. Reviono.

Beliau berharap dalam kesempatan ini bisa mendapatkan saran dan masukan dari kedua asesor. “Kami sudah berusaha memenuhi borang-borang yang harus kamu penuhi dan sebelumnya memang ada visitasi dari kolegium Kami sangat berharap masukan dari kedua asesor agar kami bisa terus berbenah menjadi lebih baik lagi kedepannya. Semoga semua proses asesmen lapangan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar serta bisa menghasilkan hasil unggul,” ucap Prof. Reviono.

Perwakilan asesor, dr.Lies Mardiyana dalam sambutannya berharap semua dokumen dan hasil asesmen lapangan nanti sesuai dengan apa yang sudah dilaporkan sebelumnya.

“Maksud dan tujuan kami ke sini adalah untuk melihat dan memotret serta menyesuaikan apa yang sudah diupload oleh Prodi Radiologi ke LAM-PTKes. Kami harap kita semua bisa bekerja sama agar kegiatan asesmen ini bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan hasil yang diharapkan bersama,” ujarnya.

Setelah mendengarkan paparan dari Dekan FK UNS dan Kepala Program Studi serta melakukan tanya jawab, kedua asesor melakukan wawancara dengan dosen tentang angka kecukupan dosen serta kurikulum pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik, selain itu dilakukan juga wawancara dengan perwakilan mahasiswa tentang pelayanan akademik dan non akademik. Wawancara juga dilakukan kepada para pengguna alumni dari Prodi Radiologi FK UNS.

Penutupan kegiatan asesmen lapangan ini dilakukan pada hari ketiga ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan berkas berita acara dari asesor kepada Kaprodi PPDS Radiologi FK UNS dilanjutkan dengan foto bersama.

(Geser untuk foto selanjutnya)


Humas FK UNS