fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Plt. Rektor UNS Tinjau Pelaksanaan UTBK SNBT 2024 di FK UNS


 

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasar Tes (SNBT). Ujian ini terbagi menjadi 2 gelombang dengan gelombang 1 dimulai pada tanggal 30 April 2024 hingga 7 Mei 2024 sedangkan gelombang 2 dimulai pada tanggal 14 Mei 2024 dan dijawalkan selasai pada tanggal 20 Mei 2024.

Pada gelombang 1 ini sebanyak 2224 peserta akan melaksanakan ujian di Laboratorium Computer Based Test (CBT) FK UNS dan pada gelombang 2 nanti sebanyak 1566 peserta akan menjalani ujian di tempat yang sama.

Pada hari pertama pelaksanaan ujian ini Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., didampingi Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. dan Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si melakukan monitoring langsung ke berbagai lokasi pelaksanaan ujian.

Salah satu lokasi ujian yang dikunjungi adalah Laboratorium CBT FK UNS. Disampaikan oleh Plt. Wakil Dekan SDM, Keuangan dan Logistik FK UNS, Dr. Diah Kurnia Mirawati, dr., Sp.S(K) bahwa pada pelaksanaan ujian sesi pagi ini dari 160 peserta terdapat beberapa peserta yang tidak mengikuti ujian.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Untuk ujian sesi pagi kali ini dari 160 peserta yang terdaftar ada 7 peserta yang tidak hadir mengikuti ujian dengan rincian dari lab CBT A dari 80 peserta terdaftar ada 5 peserta yang tidak hadir dan dari lab CBT B dari 80 peserta terdaftar ada 2 peserta yang tidak hadir mengikuti ujian,” jelasnya.

Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana menyampaikan apresiasinya kepada panitia pelaksana ujian di FK UNS yang telah mempersiapkan sarana dan prasarana dengan sangat baik untuk mendukung pelaksanaan ujian kali ini.

“Saya melihat sarana dan prasarananya, ruangan, alhamdulillah cukup memadai bahkan di tiap ruangan-ruangan juga sudah kita siapkan cadangan-cadangan komputer jika terdapat masalah dengan komputer yang digunakan. Suhu ruangan juga cukup nyaman untuk para peserta menjalani proses ujian ini dengan baik,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan juga untuk peserta disabilitas sudah disiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan peserta dalam mengikuti ujian.

“Untuk peserta disabilitas dengan 5 peserta yang akan mengikuti ujian pada hari Kamis besok juga telah kita sesuaikan dan persiapkan sehingga nanti kita harapkan semua peserta dapat mengikuti dan melaksanakan proses ujian sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan,” ucapnya.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Pada kesempatan ini beliau juga menghimbau kepada masyarakat khususnya peserta ujian untuk tidak tergoda dengan penawaran dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tentang jaminan bisa lolos SNBT namun harus membayar dengan sejumlah uang.

“Yang pertama tentunya dalam pelaksanaan SNBT ini dilaksanakan dengan akuntabel dan transparan ya, jadi jangan percaya dengan iming-iming, karena prosesnya ini melalui panitia pusat dan kementerian sudah dilaksanakan dengan mekanisme yang transparan. Jadi sekali lagi jangan percaya jika ada yang menawarkan pasti diterima dengan memberikan sejumlah uang,” ucapnya.


Humas FK UNS