fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Melantik dan Mengambil Sumpah Tiga Dokter Baru pada Sumpah Dokter Periode 227


 

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menggelar acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter pada Selasa (7/5/2024). Pelantikan dan Sumpah Dokter ini merupakan periode 227 yang digelar Fakultas Kedokteran UNS sejak berdiri pada tahun 1976.

Bertempat di auditorium FK UNS, Kegiatan ini dihadiri Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); para Plt. wakil dekan di FK UNS dan Kepala Program Studi Profesi Dokter, Dr. Pepi Budianto, dr., Sp.S(K).

Sebanyak 3 peserta mengikuti acara ini. Peserta Sumpah Dokter adalah mereka yang telah dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang telah dilaksanakan pada 18 Februari tahun 2024. UKMPPD ini dikuti oleh 5 peserta dengan jumlah peserta lulus sebanyak 3 orang atau sebanyak 60 persen.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter kali ini, terdapat 1 peserta dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yang diraih oleh dr. Muhammad Narasnama Fadjar dengan IPK 3.79.

Perwakilan dokter baru, dr. Muhammad Narasnama Fadjar dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh sivitas akademika FK UNS atas bantuan dan dukungannya dalam menjalani proses pendidikan hingga berhasil mendapatkan gelar dokter.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan warna pada perjalanan kami hingga kami berhasil sampai di titik ini. Tak lupa kepada guru-guru kami yang telah menaungi dan menempa kami dengan seluruh ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan. Semoga hal-hal baik ini bisa menjadi bekal kami dalam menempuh bab baru perjalan kami sebagai seorang dokter,” ucapnya.

Dekan FK UNS, Prof. Reviono dalam sambutannya menyampaikan jika tantangan untuk menjadi seorang dokter sangatlah berat. Saat menempuh jenjang S1, mahasiswa harus menguasai knowledge tentang prinsip-prinsip ilmu kedokteran baik ilmu dasar, ilmu klinis maupun ilmu-ilmu lain yang menunjang sesuai dengan kompetensinya.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Kemudian disitu dilanjutkan dengan pendidikan profesi, disini mahasiswa kedokteran akan langsung bersinggungan dengan pasien atau hands on dan ini tidaklah mudah namun kami telah membuat kurikulum dengan cukup baik sehingga mahasiswa ini bisa menjalani proses pendidikannya dengan baik. Kami sangat yakin lulusan dari FK UNS merupakan dokter yang berkualitas,” ucap Prof. Reviono.

Prof. Reviono menitipkan pesan kepada para dokter baru untuk menjaga nama baik FK UNS, “Kami titipkan nama besar ini untuk nanti ketika ada di masyarakat bisa mengabdikan dirinya dengan sebaik-baiknya karena anda semua adalah etalase dari Fakultas kedokteran UNS,” tutupnya.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Dengan dilantiknya dokter periode ke 227 ini, maka sejak berdirinya tahun 1976 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, telah meluluskan 7099 (Tujuh ribu sembilan puluh sembilan) orang dokter, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.

 

Humas FK UNS