fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan FK UNS Pertama Kali Menggelar Sumpah Profesi Bidan


 

Program Studi (Prodi) Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar acara Pengambilan Sumpah Profesi Bidan pada Jum’at (31/5/2024). Bertempat di Aula gedung Soetjipto FK UNS, kegiatan yang baru pertama kali digelar ini dihadiri Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); para Plt wakil dekan di FK UNS; Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kota Surakarta, Sri Wahyuni, SST, M.Kes; Kepala Program Studi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan, Dr. Ika Sumiyarsi Sukamto, S.SiT., M.Kes.

Sebanyak 10 peserta mengikuti acara ini. Peserta Sumpah Bidan adalah mereka yang telah dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Bidan yang telah dilaksanakan pada 23 Maret tahun 2024. UKOM Profesi Bidan ini dikuti oleh 10 peserta dengan jumlah peserta lulus sebanyak 10 orang atau sebanyak 100 persen.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Pada Pengambilan Sumpah Profesi Bidan kali ini, terdapat 1 peserta dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yang diraih oleh Hudzaifah Alief Fath Azizah dg IPK 3.99.

Ketua IBI Cabang Surakarta, Sri Wahyuni mengatakan jika para bidan yang telah diambil sumpah profesinya ini agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik seperti yang telah diucapkan dalam sumpah.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Setelah mengucapkan sumpah profesi ini, anda akan terikat tanggung jawab sebagai seorang bidan untuk melakukan tugas di tengah-tengah masyarakat. Saya ingatkan kepada anda semua untuk tidak puas dengan pencapaian ini, teruslah belajar dan memperluas pengetahuan keilmuan anda semua,” ucapnya.

Dekan FK UNS, Prof. Reviono dalam sambutannya menyampaikan jika bidan adalah salah satu pilar penting dalam dunia kesehatan di Indonesia.

“Anda semua yang baru saja diambil sumpahnya tadi merupakan pilar penting bagi kesehatan masyarakat di Indonesia. Bersama dengan tenaga kesehatan lainnya seperti dokter atau perawat, kalian semua harus bisa bersinergi sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran anda semua. Kami sangat yakin lulusan dari FK UNS merupakan bidan-bidan yang berkualitas,” ucap Prof. Reviono.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Prof. Reviono menitipkan pesan kepada para dokter baru untuk menjaga nama baik FK UNS, “Kami titipkan nama besar FK UNS untuk nanti ketika anda berada di tengah masyarakat bisa mengabdikan dirinya dengan sebaik-baiknya karena anda semua adalah etalase dari Fakultas kedokteran UNS,” tutupnya.


Humas FK UNS