fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Prodi Ilmu Kedokteran S-3 FK UNS Menjalani Asesmen Lapangan Akreditasi dari LAM-PTKes


 

Sebagai sebuah Program Studi (Prodi) yang mempunyai visi menjadi program studi doktor bereputasi internasional, menghasilkan Doktor yang kompeten, unggul dalam ilmu biomedis yang berorientasi komunitas. Program Studi Ilmu Kedokteran (PSIK) S-3 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) harus menjalani proses reakreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) sebagai wujud penjaminan mutu eksternal sebuah prodi dalam menjalankan proses pendidikan.

LAM-PTKes menugaskan Prof. Dr. rer. nat. Dra. Asmarinah, M.Si  dan dr. Widya Wasityastuti, M.Sc., M.Med.Ed., Ph.D., Sp.KKLP untuk melakukan asesmen lapangan di PSIK FK UNS pada tanggal 11-13 Juli 2024.

Pada hari pertama, kedua asesor bertemu dengan pimpinan FK UNS dan pimpinan PSIK untuk menjalani penyamaan persepsi tentang kegiatan asesmen yang akan dilaksanakan. Hal ini penting dilakukan agar dalam pelaksanaan asesmen bisa berjalan dengan baik dan lancar.

(Geser untuk foto selanjutnya)

Kegiatan asesmen pada hari kedua dimulai dengan pertemuan kedua asesor bersama pimpinan universitas. Pada kesempatan ini kedua asesor disambut oleh Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, MS mewakili Plt. Rektor UNS, mendampingi beliau hadir pula Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS, Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd, Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) beserta para wakil dekan dan Kepala Prodi PSIK S3 FK UNS, Prof. Dr. Soetrisno, dr., Sp.OG(K).

Prof. Yunus dalam sambutannya menyampaikan jika UNS terus berkomitmen mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas.

“Alhamdulillah setelah berubah menjadi PTNBH, UNS terus berakselerasi meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini ditunjukkan pada perankingan kami ada di peringkat sepuluh besar nasional, sehingga dengan kehadiran asesor ini sangatlah baik karena akan melihat kami secara menyuluruh sebagai pihak eksternal,” ucap Prof. Yunus.

Lebih lanjut Prof. Yunus menyampaikan jika animo masyarakat pada UNS sangatlah tinggi, hal ini dibuktikan dengan UNS yang menempati peringkat kedua pendaftar terbanyak pada SNBT kali ini dengan 101.449 orang pendaftar.

“Di sisi lain, kami mempunyai tanggung jawab yang besar untuk meningkatkan kualitas kami, jangan sampai sudah dipercaya masyarakat namun kami tidak meningkatkan kualitas kami, berdosa kalau seperti itu. Ya karena kami mendidik anak masyarakat jadi harapannya hasil didikan UNS ini mempunyai kompetensi yang berstandar internasional,” jelasnya.

Prof. Asmarina dalam sambutannya menyampaikan jika tujuan asesor datang melakukan asesmen lapangan adalah untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) serta melakukan penilaian lapangan di sebuah program studi.

“Tujuan kami ke sini bukan untuk mencari kesalahan yang ada namun kami berupaya untuk bagaimana universitas yang ada itu bisa baik tata kelolanya, karena pengguna kita adalah mahasiswa jadi bagaimana kita memberikan yang terbaik untuk mereka sebagai tanggung jawab kita sehingga mahasiswa bisa puas dengan tata kelola, fasilitas dan ilmu yang sesuai dengan yang seharusnya,” ucapnya.

Setelah diterima oleh pimpinan universitas, kedua asesor beserta pimpinan fakultas dan program studi menuju ke auditorium FK UNS untuk menjalani proses asesmen lapangan.

Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa mendapatkan hasil yang membawa manfaat bagi semuanya.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Kami selalu berusaha untuk bisa menyajikan sebaik baiknya apa yang diminta oleh asesor dan sebenarnya apa yang kami lakukan ini adalah atas rekomendasi dan masukan dari hasil akreditasi sebelumnya,” ucap Prof Reviono.

Beliau berharap dalam kesempatan ini bisa mendapatkan saran dan masukan dari kedua asesor. “Kami sangat berharap masukan dari kedua asesor agar kami bisa terus berbenah menjadi lebih baik lagi kedepannya. Semoga semua proses asesmen lapangan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar serta bisa menghasilkan hasil unggul,” ucap Prof. Reviono.

Setelah mendengarkan paparan dari Dekan FK UNS dan Kepala Program Studi serta melakukan tanya jawab, kedua asesor melakukan wawancara dengan dosen tentang angka kecukupan dosen serta kurikulum pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik, selain itu dilakukan juga wawancara dengan perwakilan mahasiswa tentang pelayanan akademik dan non akademik. Wawancara juga dilakukan kepada para pengguna alumni dari PSIK S-3 FK UNS.

Penutupan kegiatan asesmen lapangan ini dilakukan pada hari ketiga ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan berkas berita acara dari asesor kepada Kaprodi PSIK S-3 FK UNS dilanjutkan dengan photo bersama.

(Geser untuk foto selanjutnya)

 

Humas FK UNS