fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Dua Mahasiswi Prodi S1 Kebidanan FK UNS Meraih Juara 1 pada Health Competition of Midwifery Generation (HCG) tahun 2024


 

Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menorehkan prestasinya setelah berhasil meraih juara 1 kategori esai pada acara Health Competition of Midwifery Generation (HCG) tahun 2024 yang diadakan oleh Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya pada tanggal 3-5 Oktober 2024.

Adalah Yesika Cahya Septiana dan Nanda Shevira yang berhasil meraih juara pada perlombaan tersebut. Keduanya merupakan mahasiswi semester 5 Program Studi S1 Kebidanan FK UNS. Mereka membuat esai dengan mengambil sub tema tentang kecemasan pada ibu hamil.

“Judul esai kami itu JOURNEY: Therapy Non Pharmacologist untuk mengurangi kecemasan saat kehamilan. Jadi kami ada inovasi yang bernama JOURNEY yang merupakan singkatan dari Journal Therapy to Reduce Antenatal Anxiety,” ucap Yesika.

Diterangkan lebih lanjut jika metode inovasi ini adalah menuliskan catatan pada diary yang berisi tentang emosi atau perasaan yang dialami oleh ibu hamil sehari-hari. Diharapkan dengan menuliskan perasaan yang dialaminya ini bisa mengurangi kecemasan yang dirasakan oleh ibu hamil.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Teknik ini dinamakan expressive writing,” terang Yesika.

Menurut Nanda, yang membedakan esai mereka dengan esai dari kompetitor lain adalah tentang penerapan inovasi yang ada.

“Jika esai dari peserta lain itu baru sebatas ide, inovasi gitu. Sedangkan kita itu kemarin menonjolkan terkait dengan inovasinya. Jadi tidak hanya idenya saja tetapi juga kita buat seperti produknya gitu, prototipe gitu. Ini yang kemarin mungkin bisa meyakinkan jurinya itu karena kemarin kita sudah ada sedikit pengujian ke responden,” terang Nanda.

Di tengah kesibukan mereka dalam menjalani perkuliahan ternyata tidak membuat mereka berdua merasa kekurangan waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi perlombaan ini. “Persiapan untuk perlombaan ini sebenarnya sangat fleksibel, kami mempersiapkan diri di luar jam kuliah, semisal setelah pulang kuliah, ada pembagian tugas juga,” ucap Nanda.

Hal ini dibenarkan oleh Yesika, karena menurutnya sebagai sebuah tim maka pembagian tugas harus dilakukan dan bisa dijalani dengan baik. Dalam menghadapi perlombaan ini, mereka berdua mendapatkan bimbingan dari salah satu dosen Prodi S1 Kebidanan FK UNS.

(Geser untuk foto selanjutnya)

“Iya, kami dibimbing oleh ibu Novi sebagai dosen pembimbing kami,” ucap Yesika.

Pesan mereka berdua bagi mahasiswa yang ingin mengikuti lomba esai agar terus melatih diri dengan cara melihat berbagai referensi yang sudah ada dan tidak takut untuk mencoba explore potensi diri terhadap hal-hal yang baru.


Humas FK UNS