Hubungan Antara Emotional Focus Coping Dan Kecerdasan Emosional Dengan Kecenderungan Bunuh Diri Pada Remaja
Aditya Nanda
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara emotional focus coping dan kecerdasan emosional dengan kecenderungan bunuh diri pada remaja. Emotional focus coping merupakan keadaan dimana seseorang mereduksi, mengontrol maupun melindungi diri dari sebuah ketegangan yang diakibatkan oleh sebuah situasi yang memunculkan sebuah stres akibat sebuah permasalahan yang dihadapinya. Emotional focused coping cenderung dilakukan oleh individu jika merasa bahwa situasi permasalahan yang dihadapi tidak mampu dirubah dengan cara mengatur respon emosi dan memelihara keseimbangan afektif melalui sebuah perilaku. Sedangkan kecerdasan emosi merupakan kemampuan untuk mengenali, memahami, mengelola dan mewujudkan emosi dalam porsi yang tepat, terkendali serta menerapkan dengan efektif informasi dan energi emosi dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan 3 skala psikologi, yaitu skala emotional focused coping, skala kecerdasan emosional dan skala kecenderungan bunuh diri. Subyek yang akan diteliti adalah mahasiswa Program Studi Psikologi angkatan 2008 dengan jumlah 82 orang dengan perincian 32 orang untuk tryout dan 50 orang untuk penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Teknik analisis tambahan yang digunakan untuk menguji hipotesis minor adalah korelasi parsial. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan fasilitas program SPSS (Statistical Product and Service Solution) for Windows Release versi 14.
Hasil penelitian menunjukkan R =0,373, p-value 0,029 < 0,05 dan F hitung = 3,809 lebih besar dari F tabel = 3,20 artinya signifikan (df1 = 2 dan df2 = 47). Berdasarkan hasil analisis regresi tersebut dapat dikatakan bahwa faktor emotional focus coping dan kecerdasan emosional memiliki hubungan dengan kecenderungan bunuh diri pada remaja. Dari uji korelasi parsial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara emotional focus coping dengan kecenderungan bunuh diri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r: -0,373 dengan p: 0,008, dan juga terdapat pula hubungan signifikan yang negatif antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan bunuh diri pada remaja, yang ditunjukkan dengan hasil analisis data korelasi parsial dengan r: -0,491 dengan p: 0,038.
Kata Kunci: emotional focus coping, kecerdasan emosi, kecenderungan bunuh diri
